Kabupaten Sidoarjo Tambah Pos Pemadam Kebakaran

Sidoarjo - Pos Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kabupaten Sidoarjo akan bertambah. PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah dengan sukarela meminjamkan lahannya untuk digunakan sebagai Pos Pemadam Kebakaran di Kecamatan Waru. Lahan seluas 16x20 m2 di area perusahaan disediakannya. Perusahaan pembuat cat yang berada di Jalan Letjen. R. Suprapto-Waru tersebut juga bersedia membangun Pos Damkar dilahan yang disediakannya. Penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama antara Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum dengan PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah terkait Pinjam Pakai Lahan untuk Penggunaan Pos Pemadam Kebakaran dilakukan di Pendopo Delta Wibawa, Senin (1/9). Direktur PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah Drs. Ec Soedjinoto hadir untuk melakukan penandatangan surat perjanjian kerjasama tersebut. Sekretaris Daerah Sidoarjo H. Vino Rudy Muntiawan SH serta pejabat terkait Pemkab Sidoarjo hadir menyaksikannya.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Paguyuban Perusahaan Tambak Sawah (Guperta) dan PT. Pabrik Cat Tunggal Djaya Indah yang ikut berpartisipasi dalam menyiapkan lahan beserta bangunan Pos Damkar secara gotong royong. Ia mengatakan pembangunan Pos Pemadam Kebakaran yang melibatkan dunia usaha merupakan bentuk program inovasi dalam memberikan perlindungan dan pelayanan pemadaman kebakaran yang cepat kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengatakan pencegahan kebakaran dan penanggulangan kebakaran merupakan tanggung jawab bersama. Saat ini, sampainya, ada dua Pos Damkar yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sidoarjo. Yakni berada di Desa Banjar Kemantren Kecamatan Buduran sebagai pos induk dan di area Rumah Potong Hewan Krian yang merupakan pos pembantu.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah menyadari bahwa jumlah keberadaan Pos Damkar di Kabupatan Sidoarjo masih belum ideal jika dibandingkan dengan luas wilayah dalam penanganan kebakaran yang terjadi. Untuk itu peran serta perusahaan dalam menanggulangi bencana kebakaran sangat dibutuhkan. Seperti yang telah ditunjukkan oleh PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah dengan sukarela menyiapkan lahan serta bangunan sebagai Pos Damkar. Ia berharap langkah yang dilakukan oleh PT. Pabrik Cat Tunggal Djaya Indah tersebut akan diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

Direktur PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah Drs. Ec Soedjinoto dalam kesempatan tersebut menyampaikan juga rasa terimakasihnya kepada Pemkab Sidoarjo. Tawaran mendirikan Pos Damkar oleh Pemkab Sidoarjo disambut baik oleh perusahannya. “Kita mendapatkan tawaran yang sifatnya itu untuk kebaikan bersama, makanya kita siap,”sampainya.

Drs. Ec Soedjinoto berharap keberadaan Pos Damkar tersebut dapat mempercepat penanganan kebakaran yang terjadi di wilayah perusahaannya berada. Meskipun ia tidak berharap kebakaran terjadi tetapi dengan penanganan kebakaran yang cepat akan memperkecil kerugian korban kebakaran. Ia juga mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh perusahannya adalah bentuk kecil dari kepedulian yang ditunjukkan kepada Kabupaten Sidoarjo. Sementara itu Kepala Pelaksana BPBD Sidoarjo Ir. Dwidjo Prawito, M.MT mengatakan dalam perjanjian kerjasama tersebut alat operasional Pos Damkar akan disiapkan Kabupaten Sidoarjo. Mobil Damkar serta petugas Damkar disiapkan di Pos Damkar selama 24 jam. Ia juga mengatakan bahwa tingkat kerawanan terjadinya kebakaran Kecamatan Waru sangat tinggi. Untuk itu diperlukan Pos Damkar yang dekat agar penanganan kebakaran dapat cepat ditangani. (humas/git)

Sumber : http://sidoarjokab.go.id/article/kabupaten-sidoarjo-tambah-pos-pemadam-kebakaran

© 2011 - 2019 PT. Pabrik Cat Tunggal Djaja Indah Indonesia